DISEMINASI PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR

DISEMINASI PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR

Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) bekerjasama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan Diseminasi Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Pembelajaran Online.

Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang mampu menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antar komunitas, yang ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, serta memproduksi konten pembelajaran secara jarak jauh dalam bentuk video dan web, yang bisa diakses tanpa harus bertatap muka langsung dan dapat dimanfaatkan oleh Tenaga Pendidik dan Kepala Sekolah.
Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tanggal 13 Juni 2019 di PPPPTK Penjas dan BK ini dibuka secara resmi oleh DR. H. Yaswardi, M.Si. selaku Kepala PPPPTK Penjas dan BK, yang didampingi oleh Kristiawan, S.E. selaku Kepala Bagian Umum PPPPTK Penjas dan BK.

Menurut Yaswardi dalam Pengarahannya yang diikuti oleh para Pejabat Struktural dan 30 staf bahwa keberadaan rumah belajar sangat srategis untuk menghadapi era revolusi 4.0 dalam rangka memperkuat literasi terutama bagi para Widyaiswara dan para Guru, Kepala Sekolah, Pengawas dan Siswa. Literasi penting karena literasi adalah bagian dari pendidikan seumur hidup, dan rumah belajar adalah salah suatu solusi cerdas yang dikembangkan oleh Pustekkom untuk mempermudah proses pembelajaran.

Hadir sebagai narasumber adalah 4 orang Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) yang diketuai oleh Bapak DR. Purwanto selaku PTP Utama. Tujuan diadakannya kegiatan ini antara lain mensosialisasikan pemanfaatan rumah belajar dan TV Edukasi, mengoptimalkan peran pengembang teknologi pembelajaran dalam menyebarluaskan pemanfaatan rumah belajar dan TV Edukasi.

Leave a Comment