KEGIATAN FASILITASI PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

KEGIATAN FASILITASI PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

Bogor, PPPPTK PENJAS DAN BK — Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) menyelenggarakan Kegiatan Fasilitasi Penerapan Model-Model Pembelajaran Inovatif bekerjasama dengan Pusat Data Dan Teknologi Informasi (Pusdatin)Kegiatan ini berlangsung selama satu hari di Ruang Sidang Wisma Durian PPPPTK Penjas dan BK pada tanggal 9 Maret 2020, diikuti oleh seluruh Widayiswara PJOK dan BK, Pengembang Teknologi Pembelajaran/PTP dan beberapa staf PPPPTK Penjas dan BK.

Kepala PPPPTK Penjas dan BK, Dr.  Yaswardi, M.Si,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan model-model pembelajaran inovatif  merupakan suatu keharusan untuk membangun hubungan kerjasama, interaktif, dan produktif diantara peserta didik.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, empat PTP dari Pusdatin yaitu  Dr. Mansur Fauzi, SE., M.Si,  Didik.Suhardi, Ph.D,  Dr. Abi Sujak, M.Sc dan Dr. Harizal, M.Pd. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah Menyiapkan Solusi Pembelajaran Generasi Digital, Tugas dan Fungsi Fungsional PTP dan Model Pembelajaran.

Peserta diberikan kesempatan praktik penerapan sintaks model-model pembelajaran dengan membagi ke dalam 5 kelompok model yaitu : Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Learning, Model Pembelajaran Kelas Terbalik (Flipped Classroom) , Model Pembelajaran Games, Model Pembelajaran Project Based Learning dan Model Pembelajaran Bauran
(Blended Learning).

Leave a Comment