KUNJUNGAN PAKAR PENDIDIKAN WEILIN HAN KE PPPPTK PENJAS DAN BK

KUNJUNGAN PAKAR PENDIDIKAN WEILIN HAN KE PPPPTK PENJAS DAN BK

Kunjungan pakar pendidikan Weilin Han, M.Sc ke PPPPTK Penjas dan BK memberikan energi positif.  Kunjungan kali ini dilakukan  oleh Wei mewakili Staf Ahli Menteri dalam rangka memperoleh gambaran terkait profil Balai Guru Merdeka.

Suasana hangat saat kunjungan Wei di kampus humanis PPPPTK Penjas dan BK Parung -Bogor, Kamis (13/3/2020). Pakar pendidikan yang mengembangkan merdeka belajar yang bersahaja ini terlihat sekali memberikan kenyaman bagi siapa saja yang berdiskusi dengannya.

Kegiatan kunjungan dimulai pukul 10.00 WIB bertempat di ruang sidang rapat VIP durian PPPPTK Penjas dan BK, dimulai dengan paparan Kepala PPPPTK Penjas dan BK Dr. H. Yaswardi, M.Si., beliau menjelasakan terkait dengan pengembangan, pemberdayaan dan  peningkatan kompetensi Guru Penjas dan BK yang telah dilakukan serta menginformasikan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh kampus humanis ini.

Senyuman khas Bu Wei  menambah suasana akrab dalam kesempatan  berdiskusi terkait dengan program Guru Merdeka. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan widyaiswara serta Pengembang Teknologi Pendidikan PPPPTK Penjas dan BK,  tidak lupa juga bu Wei memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait hal yang dapat mendukung balai merdeka belajar sebagai salah satu tempat untuk dilakukannya pelatihan Guru Merdeka.

Setelah berdiskusi, Wei mengunjungi fasilitas melihat ruang sidang, ruang kelas, ruang makan, ruang penginapan, Laboratorium BK Humanis, lapangan indoor dan outdoor serta beberapa fasilitas yang dimiliki oleh PPPPTK.

Harapannya Center of Excelent Gerakan Pembaharuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang adalah  program “GURU MERDEKA” memiliki tiga kunci untuk meningkatkan guru di tahun 2020, yaitu:

  1. Balai Guru Merdeka :integrasi organisasi PPPPTK, LPPKS dan LPMP menjadi Balai Guru Merdeka untuk meningkatkan inovasi dan kolaborasi yang menunjang pembelajaran siswa di sekolah.
  2. Program Pendidikan Guru Merdeka: program Pendidikan Guru Merdeka (PGM) untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru.
  3. Kampanye Guru Merdeka: memperkenalkan program PGM kepada masyarakat, dinas Pendidikan, komunitas Pendidikan, sekolah dan guru untuk meningkatkan kenyamanan lingkungan belajar bagi guru.

Wei merasa sangat kagum jika kementerian memilki tempat pelatihan seperti ini, harapannya “Student Wellbeing” dapat diciptakan jika pendidikan dibangun dalam lingkungan psikologis yang positif***(Ana Susanti)

Leave a Comment