Pelatihan Wawasan Kebinekaan Global Bagi Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Selatan Gelombang 1

Profil pelajar Pancasila meliputi 6 aspek, diantaranya, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Berkaitan dengan berkebhinekaan global, telah disusun program Pelatihan Wawasan Kebinekaan Global oleh Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA) dalam rangka meningkatkan rasa toleransi terhadap keanekaragaman maupun perbedaan. PPPPTK Penjas dan BK memiliki tugas peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan jasmani dan bimbingan konseling, memiliki kewajiban dalam mendukung program Pelatihan Wawasan Kebinekaan Global Bagi Guru Penggerak. Sebagai bentuk dukungannya, PPPPTK Penjas dan BK melaksanakan Pelatihan Wawasan Kebinekaan Global Bagi Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Selatan Gelombang 1 dilaksanakan pada 13 April 2022, di Claro Hotel Makassar yang dibuka oleh Bapak Kristiawan, S.E., M.Si. selaku penanggung jawab kegiatan.


Tujuan Pelatihan Wawasan Kebinekaan Global Bagi Guru Penggerak ini adalah: meningkatkan pemahaman akan kebinekaan dan menumbuhkan sikap menghargai kebinekaan di kalangan guru, tenaga pendidik, kepala sekolah, dan pemangku di setiap satuan pendidikan dan menjadikan guru, kepala sekolah dan tendik sebagai agen promosi budaya toleran dan kebinekaan.

Hasil yang diharapkan setelah mengikuti Pelatihan Wawasan Kebinekaan Global Bagi Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Selatan Gelombang 1 adalah meningkatnya kompetensi wawasan kebinekaan pada 226 orang guru penggerak di Kota Makassar, Kab. Takalar, dan Kab. Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Narasumber Pelatihan Wawasan Kebinekaan Global adalah narasumber eselon dan narasumber yang telah dilatih oleh tim Staf Khusus Menteri dari Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA). Materi yang disampaikan secara asinkronus dan Asinkronus dan sinkronus. Ada 5 topik yang disampaikan yaitu Kebinekaan Global (Dunia yang berwarna), Kebinekaan Nasional (Negeri penuh Harmoni), Damai mulai dari diri, Sekolahku yang Binneka, dan Sekolahku yang Damai.

Berita lainnya

REVIU MODUL DIKLAT DARING PJOK DAN LAYANAN BK DAN PENYUSUNAN VIDEO PEMBELAJARAN DIKLAT PJOK DAN VIDEO LAYANAN DIKLAT BK

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Penjas dan BK melaksanakan 4 kegiatan selama 4 hari, pada tanggal 31 Agustus sampai dengan 3 September 2021 yaitu:

Reviu Modul Diklat Daring Pembelajaran PJOK, Reviu Modul Diklat Daring Layanan, Penyusunan Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM) Video Pembelajaran Diklat PJOK, Penyusunan GBM dan JM Layanan Diklat BK.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Horison Tirta Sanita Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat di buka oleh Plt. Kepala PPPPTK Penjas dan BK, Dr. Sugito Adiwarsito, M.Pd.Or. Dalam sambutannya beliau berpesan untuk fokus kepada hasil produk kegiatan. 

Dilaksanakan dengan moda tatap muka , kegiatan ini bertujuan untuk  menyiapkan konten Diklat Daring Pembelajaran PJOK dan Layanan BK yang terintegrasi dengan sistem e-learning PPPPTK Penjas dan BK serta menyiapkan video pembelajaran Diklat PJOK dan Video Layanan Diklat BK.

Peserta kegiatan ini  diikuti sebanyak 46 orang, berasal dari unsur Widyaiswara PPPPTK Penjas dan BK, Guru PJOK dan BK, serta fungsional umum PPPPTK Penjas dan BK.  Adapun narasumber berasal dari narasumber eselon PPPPTK Penjas dan BK, narasumber praktisi dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) serta narasumber dari Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (P3GTK).

Untuk menghindari penyebaran Covid 19, selama kegiatan berlangsung  panitia  menerapkan protokol Kesehatan secara ketat dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker.


Sosialisasi Program Guru Penggerak Angkatan 4

PPPPTK Penjas dan BK pada Senin, 12 April 2021 melalui zoom akan melaksanakan Sosialisasi Program Guru Penggerak Angkatan 4 bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah di semua jenjang pendidikan untuk wilayah Kab. Mahakam Ulu, Kab. Kutai Barat, Kab. Paser, Kota Tarakan, Kota Batam, Kab. Pringsewu, Kab. Way Kanan, Kab. Tanggamus, dan Kota Pekanbaru

Pendidikan Guru Penggerak merupakan  program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Pelaksanaannya  meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama kegiatan berlangsung, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.Saat ini Kemendikbud telah membuka seleksi PGP Angkatan 4. Silakan buka tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasinya atau mengakses melalui: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak dan pengajuan pertanyaan tentang PGP di: guru.penggerak@kemdikbud.go.id.

Bagi Bapak dan Ibu yang telah terdaftar, mohon untuk melengkapi persyaratan dan jangan lupa untuk menekan tombol SUBMIT/KIRIM.

Mari memajukan pendidikan Indonesia dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik melalui Program Guru Penggerak.

Coaching Clinic, sebagai bagian dari Sosialisasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) menyelenggarakan Coaching Clinic, sebagai bagian  dari Sosialisasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4. Coaching Clinic ini bertujuan untuk mengajak guru-guru hebat untuk mendaftar dan summit sebagai  Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak pada Program PGP Angkatan 4.

 

Coaching Clinic ini dilaksanakan dengan moda daring  maupun luring. Moda daring dilaksanakan pada 19 April 2021 pukul 09.00 s.d. 11. 30 WIB untuk Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Pada 20 April 2021 coaching clinic dilaksanakan dua sesi yaitu sesi pagi  pukul 09.30 s.d. 11.30 WIB bagi wilayah Kota Pekanbaru dan Kab. Mahakan Ulu. Sesi siang  pukul 13.30 s.d. 15.00 WIB untuk wilayah Kab. Way Kanan Provinsi Lampung. Wilayah Kab. Tanggamus Provinsi Lampung dilaksanakan pada 21 April 2021 pukul 10.00 s.d. 12.00 WIB

 

Moda luring dilaksanakan secara serentak pada 20 s.d. 21 April 2021di Kab. Kutai Barat bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kab. Kutai Barat  dan Kab. Paser bertempat di SMPN 2 Tanah Grogot (Provinsi Kalimantan Timur). Untuk Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara berlokasi di SMPN 1 Tarakan. Bagi Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung bertempat di SMPN 4 Pringsewu.

 

Agenda pada coaching clinic ini, narasumber yang berasal dari PPPPTK Penjas dan BK memberikan pemahaman tentang program PPGP, kelengkapan untuk mendaftar, tata cara pendaftaran dan simulasi cara mendaftar sebagai pengajar praktik dan calon guru penggerak.  Narasumber berasal dari Widyaiswara dan Fungsional Tertentu, dan Fungsional Umum dari PPPPTK Penjas dan BK. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan dari mitra kerja kami, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/ Kota. Semoga dengan adanya  coaching clinic ini dapat memberikan motivasi bagi guru-guru hebat untuk berperan serta dalam program PPGP Angkatan 4.

FASILITASI SOSIALISASI DAN COACHING CLINIC PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (PGP) ANGKATAN 6

Program Guru Penggerak Angkatan 6 akan segera dimulai. Dalam rangka menyukseskan Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6, PPPPTK Penjas dan BK melaksanakan Fasiltasi Sosialisasi dan Coaching Clinic yang dilaksanakan secara bertahap dari tanggal 30 Januari sampai dengan 11 Februari tahun 2022.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan program guru penggerak dan tata cara mendaftar sekaligus memastikan para pendaftar yang telah melengkapi administrasi untuk mengirimkan data (mengunggah) melalui laman   https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak

Sasaran wilayah fasilitasi sosilaisasi dan Coaching Clinic PGP angkatan 6 PPPPTK Penjas dan BK adalah Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara meliputi 11 Kabupaten/ Kota. Peserta kegiatan ini terdiri dari Kepala sekolah dan guru. Selama kegiatan peserta diberikan informasi tentang Program Guru Penggerak angkatan 6 dan Tata Cara Pendaftaran serta Seleksi PGP angkatan 6.

Narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari widyaiswara dan staf teknis PPPPTK Penjas dan BK serta pengajar praktik PGP angkatan sebelumnya dengan didampingi oleh panitia  dari PPPPTK penjas dan BK dan dari Dinas Pendidikan setempat.

LOKAKARYA 3 PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK)  Penjas dan BK melaksanakan kegiatan Lokakarya 3 Program Sekolah Penggerak (PSP) secara luring di  Hotel Puri Saron  Kabupaten  Buleleng dan Prime Plaza Hotel Sanur Kota Denpasar, Provinsi Bali pada tanggal 9 Februari 2022.

 Selama 1 hari peserta mengikuti rangkaian kegiatan yang diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan sesi mulai dari diri , eksplorsi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan diakhiri dengan penutup.

 Sasaran kegiatan lokakarya adalah pengawas sekolah dan kepala sekolah.  Peserta lokakarya 3 di kabupaten Buleleng berjumlah 44 orang terdiri dari 22 Pengawas sekolah dan 22 Kepala Sekolah. Sedangkan peserta di Kota Denpasar berjumlah 26 orang terdiri dari 13 pengawas sekolah dan 13 Kepala Sekolah. Narasumber yang terlibat pada kegiatan ini sebanyak 6 orang.

 Pembelajaran dalam Lokakarya 3 ini adalah pembelajaran sosial emosional  untuk mewujudkan ekosistem  sekolah  yang aman dan nyaman dengan harapan peserta mampu memahami dan menerapkan pembelajaran sosial  dan emosional berbasis kesadaran penuh sehingga mampu  menciptakan ekosistem sekolah yang  mendorong  bertumbuhnya budi pekerti. Selain aspek intelektual peserta diharapkan memahami nilai pendidikan yang  toleran, inklusif  dan memuliakan hak  anak serta terampil mengembangkan sekolah nyaman bagi murid dan guru.