PPK DI MASA ORIENTASI SISWA

PPK DI MASA ORIENTASI SISWA

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) bekerjasama dengan SMPN Negeri 195 Jakarta Timur menyisipkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan motivasi pelajar dimasa orientasi siswa. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 16 juli 2019 bertempat di SMPN 195 Jakarta Timur di ikuti kurang lebih 250 orang siswa.

Tujuan PPK adalah membekali siswa sebagai generasi emas Indonesia guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Nilai-nilai utama PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Kegiatan ini bertujuan agar siswa memiliki nilai-nilai PPK dan menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Penyampaian PPK dan motivasi dilakukan dengan cara membacakan cerita yang berjudul “Sekantong Bibit Kacang Tanah”, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali cerita tersebut, dan pada akhirnya siswa diminta untuk dapat mengelompokkan dan memberikan contoh perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan nilai-nilai dalam PPK. Siswa sangat antusias karena materi juga disampaikan melalui permainan-permainan yang menarik

Kegiatan orientasi ini berlangsung selama 3(tiga) hari dengan menghadirkan narasumber dari berbagai instansi, antara lain dari Kepolisian. PPPPTK Penjas dan BK diwakili oleh Widyaiswara BK, Ibu Herawati, M.Pd dan Bapak Arif Taufiq Dani Abdillah, M.Pd.

Leave a Comment