PPPPTK Penjas dan BK Antisipasi Penyebaran Covid-19

PPPPTK Penjas dan BK Antisipasi Penyebaran Covid-19

Bogor – Sejak diumumkannya warga negara Indonesia yang positif terinfeksi covid-19 oleh Presiden RI,  Joko Widodo tanggal 2 Maret 2020, masyarakat mulai resah diperparah dengan semakin bertambahnya korban, hal ini menimbulkan keprihatinan atas banyaknya korban yang telah terinfeksi. Pemerintah menerapkan langkah untuk mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menerapkan kebijakan work from home (WfH) / bekerja dari rumah (BDR).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim juga telah mengeluarkan Surat Edaran  Mendikbud No. 36962/MPK.A/HK/2020 mengenai Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Menindaklanjuti Surat Edaran Mendikbud tersebut,  Kepala PPPPTK Penjas dan BK, Dr. H. Yaswardi M.Si,. bersama jajarannya membuat empat program untuk antisipasi penyebaran covid-19.

Program pertama, penerapan  BDR bagi ASN mulai tanggal 18 Maret 2020 hingga tanggal 31 Maret 2020, pegawai ASN PPPPTK Penjas dan BK menjalankan pekerjaan dari rumah. Kebijakan ini dilaksanakan dengan aturan tertentu dimana ada beberapa  pegawai untuk tetap masuk melaksanakan tugas di kantor agar operasional kantor tetap dapat berjalan dengan baik meskipun terbatas. Seluruh pegawai yang melaksanakan BDR selanjutnya dipantau oleh atasan langsung dengan melaporkan hasil pekerjaan harian yang disesuaikan dengan SKP masing-masing dan membatasi peminjaman sarana PPPPTK Penjas dan BK oleh pihak luar.

Program kedua, mengalokasikan dana untuk pemberian bantuan baik intenal maupun eksternal kantor. Bantuan internal meliputi pengadaan alat-alat kesehatan (Infrared thermal imaging meter, Alat pelindung diri (APD) bagi dokter dan perawat, masker merk surgical), pemberian bantuan makanan tambahan (bagi petugas kesehatan, tenaga keamanan, petugas kebersihan, dan teknisi),  pengadaan disinfektan, sabun cair. masker, dan hand sanitizer. Bantuan eksternal berupa pembagian masker secara gratis  bagi masyarakat sekitar kantor dan pembagian handsanitizer dan disinfektan bagi sekolah sekitar kantor.

Program ketiga, penyemprotan disinfektan di seluruh lingkungan kantor dan menjaga kebersihan lingkungan kantor . Program terakhir adalah penyampaian informasi terkait covid-19 melalui laman dan sosial media PPPPTK Penjas dan BK ***(TU RT)

Leave a Comment