PPPPTK PENJAS DAN BK MELAKSANAKAN PAMERAN PENDIDIKAN TAHUN 2019

PPPPTK PENJAS DAN BK MELAKSANAKAN PAMERAN PENDIDIKAN TAHUN 2019

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) berperan serta dalam   Pameran pendidikan yang mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Pameran ini merupakan bagian rangkaian perayaan Hardiknas tahun 2019. Pekan Pendidikan dan Kebudayaan yang resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, pada Jumat (26/04/2019), di Jakarta, yang ditandai dengan pelepasan ratusan burung oleh Mendikbud bersama-sama sejumlah pejabat dan pegawai, guru, dan siswa jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Dalam sambutannya, Mendikbud mengingatkan kembali pesan Presiden RI, Bapak Joko Widodo, untuk mengedepankan Revolusi Mental. Penguatan SDM melalui revolusi mental, kata Mendikbud, ditekankan pada dua hal, yakni Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan pemberian keterampilan melalui pendidikan vokasi. “Karakter menjadi fondasi dan prioritas utama dalam pembangunan manusia. Melalui pendidikan, penguatan karakter ini akan ditekankan pada level pendidikan mulai dari pra sekolah hingga pendidikan menengah atau kejuruan yang siap masuk dunia kerja,” jelas Mendikbud.

Rangkaian perayaan Hardiknas tahun 2019, sudah diselenggarakan diberbagai provinsi di Indonesia sejak tanggal 20 April 2019. Puncak peringatan Hardiknas akan diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Mei 2019, di kantor Kemendikbud, Jakarta.  Penyelenggaraan Pekan Hardiknas di 34 provinsi di Indonesia merupakan kerja sama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud di daerah, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), dan dinas pendidikan provinsi. 

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pameran buku murah, pertunjukan kesenian, lomba-lomba, pameran beasiswa, festival karier, ngobrol publik yang bertemakan pendidikan bekerjasama dengan komunitas Semua Murid Semua Guru, dan pentas seni, serta Festival Band tingkat SMA. Dalam pameran kali ini PPPPTK Penjas dan BK mengadakan Tes Online Kepribadian, Tes Gaya Belajar, Tes Kebugaran, dan pameran produk Bimbingan konseling (Video Pembelajaran layanan Bimbingan Konseling).

Leave a Comment