PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI LABORATORIUM BK

PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI LABORATORIUM BK

Bogor, Bertempat di Laboratorium Bimbingan dan Konseling PPPPTK Penjas dan BK, pada  tanggal 29 Agustus 2019 diselenggarakanlah praktek layanan BK. Kegiatan ini diikuti oleh peserta  kunjungan yakni 18 orang Guru BK SMP dan SMA Kab. Bogor dan 15 siswa/siswi MTs Negeri 1 Parung. Kunjungan ini diterima oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Bapak Abdul Munir, S. Ip, M.Pd dan Widyaiswara Bimbingan Konseling PPPPTK Penjas dan BK.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah praktik konseling kelompok, praktik konseling individu, praktik pengamatan  proses konseling melalui ruang pengamatan dan refleksi dan analisis proses layanan. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak/Ibu Widyaiswara Bimbingan Konseling PPPPTK Penjas dan BK yaitu Drs. A. Zaenudin, M.Pd., M.Pd, R. Roy Miftahul Huda, S.H., M.Pd., Herawati, S.Pd, M.Pd., Musyarofah, S.Psi., dan Arif Taufiq Dani Abdillah, S.Pd, M.Pd

Setelah selesai pelaksanaan praktek banyak hal positif yang disampikan oleh siswa siswi antara lain, siswa merasa lega dengan curhatan yang disampaikan dan kegiatan ini menyenangkan khususnya pada layanan konseling kelompok karena bisa saling membantu teman yang sedang mengalami masalah.

Testimoni yang disampaikan oleh Guru-Guru pada saat selesai praktek, para Widyaiswara pelayanannya sangat baik, memberikan arahan tentang teknik-teknik konseling yg telah dilakukan. Paktek konseling sangat diperlukan guna mengasah kembali kemampuan melayani curat siswa  dengan teknik-teknik tertentu. Praktek ini sangat menarik karena didukung oleh penataan laboratorium Bimbingan dan Konseling yang sangat nyaman dan lengkap.

Leave a Comment