RPP INSPIRATIF: SEDERHANA, MEMERDEKAKAN, DAN PRAKTIS

RPP INSPIRATIF: SEDERHANA, MEMERDEKAKAN, DAN PRAKTIS

Bogor. PPPPTK Penjas dan BK menyelenggarakan Webinar bagi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Jenjang Sekolah Dasar (SD), dengan tema Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inspiratif tanggal 20 Mei 2020 pukul 09.00 WIB s.d. 12.30 WIB diikuti oleh 50 orang Guru PJOK jenjang SD melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Webinar ini dibuka oleh Kepala PPPPTK Penjas dan BK, Bapak Dr. H. Yaswardi, M.Si. “Guru PJOK harus mampu membuat RPP yang kreatif dan inovatif sehingga dalam penyampaian  pembelajaran menyenangkan dan pembelajaran bermakna” ujar Yaswardi dalam arahannya. Selanjutnya, Yaswardi menyampaikan melalui intergritas PJOK dan BK diharapkan dapat menjalankan  konsep wellbeing (manusia seutuhnya) yaitu mampu meningkatkan energi dan mengurangi stress, mampu berkompetisi positif, pembelajaran PJOK dan layanan BK (joyfull and meaningfull), siap menjalani kehidupan sehari-hari dan mampu memaksimalkan waktu luang untuk aktivitas positif.

Keynote Speaker  Bapak Dr. Sugito Adi Warsito, M.Or. menyampaikan materi tentang Merdeka belajar dan implikasinya. Bapak Nanang Nasirudin, M.Pd, membawakan materi tentang Tinjauan Kebijakan dan Pengembangan RPP dan terakhir Bapak Imam Zulkarnaen, M.Pd. RPP PJOK dengan materi Inspiratif sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019.  

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta menyusun RPP sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019. RPP inspiratif berisi komponen tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. RPP inspiratif harus sederhana, memerdekakan, dan praktis dengan tetap mengakomodir Pedoman PJOK dan HOTS dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.***(TU dan RT)

2 thoughts on “RPP INSPIRATIF: SEDERHANA, MEMERDEKAKAN, DAN PRAKTIS”

Leave a Comment