Workshop Online Penulisan Naskah Jurnal

Workshop Online Penulisan Naskah Jurnal

Bogor, Keberadaan Jurnal merupakan salah satu wadah dalam mengembangkan dan meningkatkan keprofesionalan dalam bentuk tulisan. Selain itu, bagi sebuah lembaga jurnal bertujuan sebagai jembatan komunikasi antara lembaga dengan publik internal maupun publik eksternal. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Jasmani dan Bimbingan dan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) memberikan kesempatan kepada Widyaiswara PJOK, Widyaiswara BK, Guru PJOK dan Guru BK untuk berperan serta dalam Workshop Online Penyusunan Naskah Jurnal Tahun 2020 dilaksanakan  pada tanggal 14 s.d. 19 Juli 2020.

Peserta kegiatan ini berjumlah 58 orang terdiri dari 11 orang yang mempunyai tulisan (tulisannya telah di reviu) dan akan mengikuti kegiatan sampai proses selesai (tanggal 14 s.d. 19 Juli) dan 48 orang terdiri dari guru BK, guru PJOK, dan Widyaiswara PPPPTK Penjas dan BK akan mengikuti kegiatan satu hari yaitu tanggal 14 Juli 2020 diharapkan dapat membuat tulisan yang dikirimkan ke panitia.

Narasumber pada workshop ini adalah Ibu Dr. Delita Sartika, Dosen Universitas Jambi. Fasilitator adalah Dr. Sugito Adiwarsito, M.Pd.Or, Raden Roy Miftahul Huda, S.H., M.Pd. dan Ririn Yuniasih, Ph.D. Workshop dibuka oleh Kepala PPPPTK Penjas dan BK, Bapak Dr. H. Yaswardi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menulis ada tiga hal penting yaitu bahasa, konstruksi dan substansi. Penulis jurnal yang baik adalah penulis yang suka membaca, berdiskusi, selalu haus akan informasi dan selalu ingin belajar.

Workshop ini bertujuan untuk menambah keterampilan dan kompetensi dalam bidang menulis bagi Widyaiswara dan Guru bidang PJOK dan BK, hal ini sesuai dengan materi yang disampaikan tentang bagaimana menulis untuk tujuan akademis dan publikasi ilmiah. Dalam wokshop ini para penulis didampingi oleh para fasilitator dalam menyelesaikan naskahnya. Naskah jurnal yang memenuhi kaidah penulisan jurnal  akan diterbitkan dalam jurnal PPPPTK Penjas dan BK.***(TU RT)

Leave a Comment